Tuesday, September 17, 2013

Pemicu Penyakit Kencing Manis Atau Diabetes

Pemicu Penyakit Kencing Manis Atau Diabetes - Berikut ini akan kami ulas mengenai penyebab dari penyakit diabetes atau yang akrab juga dikenal sebagai kencing manis. Penyakit ini umumnya menyerang orang-orang yang sudah lumayan berumur, dan bisa terjadi karena turunan. Penyakit ini dapat digolongkan sebagai berbahaya jika tidak ditangani secepat mungkin, oleh karena itu disini kami akan memberikan penyebab penyakit diabetes ini. Bagian dari pola hidup sehat adalah untuk mengetahui berbagai penyebab dari penyakit berbahaya dan tau bagaimana cara menanganinya. Baiklah langsung saja kami mulai dengan penyebab-penyebab nya, tetapi sebelum itu kunjungi artikel kami sebelumnya di Jenis Makanan Untuk Menurunkan Berat Badan. Artikel berikut ini mengenai penyebab penyakit diabetes kami ringkas dari blog tetangga yaitu tips hidup sehat.

Pemicu Penyakit Kencing Manis Atau Diabetes
Apakah penyebab dari diabetes yang selama ini diketahui? untuk lebih dari 80 tahun umumnya dunia kedokteran meyakini bahwa penyebab dari diabetes adalah akibat kegagalan kerja pankreas. Organ penting yang terletak di rongga perut di bawah lambung tersebut menghasilkan beberapa zat kimia yang dibutuhkan tubuh untuk mengekstrasikan energi dan zat makanan dari makanan. Banyak yang meyakini, kegagalan kerja dari pankreas tersebut menyebabkan insulin tidak dihasilkan, dan hal ini yang menyebabkan timbulnya diabetes. Sebab itu setelah insulin diketemukan, penderita diabetes selalu mendapatkan suntikan insulin. Hasilnya,banyak penderita diabetes dapat terhindarkan dari kematian dini. Sampai sekarang ini, masih banyak buku-buku kedokteran yang meyakini teori ini dan dengan demikian, pengobatan yang dilakukan kepada penderita diabetes gula adalah insulin.

Hal yang tidak menguntungkan dengan pengobatan ini adalah, walaupun penemuan insulin telah membebaskan penderita diabetes akan kekuatiran mati mendadak oleh sebab timbulnya koma, namun masih banyak komplikasi kesehatan lainnya yang mengancam penderita. Komplikasi tersebut meliputi juga mata yang buta, timbulnya gangrene (pembusukan) sampai kepada penyakit jantung yang gawat. Dengan demikian, walaupun insulin secara teori dibutuhkan, ternyata penderita yang mendapatkan pengobatan tersebut berada jauh dari keadaan sehat. Hingga teori yang berlaku dan diketahui umum oleh banyak orang adalah, sekali seorang mendapatkan diabetes, maka ia tetap akan menderita diabetes seumur hidup. Penemuan baru, beberapa penelitian telah diadakan sehubungan masalah ini, dan pada akhir 1960-an, G.M. Reaven dan teman sejawatnya dari Stanford telah menemukan bahwa seorang penderita diabetes sering mempunyai lebih banyak insulin daripada mereka yang tidak mempunyai penyakit diabetes. Lebih lanjut diketemukan bahwa pankreas dari penderita diabetes tetap dapat memproduksi insulin sebanyak dan secepat orang yang normal. Dengan demikan, teori yang menyebutkan bahwa diabetes disebabkan oleh pankreas yang rusak tidak berlaku lagi. Sebab, bagaimanakah pankreas dapat disebutkan rusak bila masih bisa memproduksi insulin dengan baik?

Lebih kurang, pada saat yang bersamaan, para peneliti menemukan bahwa kepekaaan insulin tersebut nyata berkurang dengan sangat besar bila didapatkan lemak di dalam darah. Juga didapatkan bahwa penderita diabetes mempunyai tanda khusus, yaitu mempunyai kadar lemak yang tinggi dalam darah. Dengan demikian, sangat jelas diketahui bahwa diabetes telah disebabkan bukan akibat ketidak hadiran insulin, tetapi akibat berkurangnya dayaguna dari insulin yang disebabkan oleh kehadiran lemak tersebut. Dengan demikian, bila kadar lemak diturunkan dengan segala macam cara, melalui makanan dan obat, kepekaan insulin akan bertambah, yang akan mengurangi penderitaan diabetes. Penemuan yang baru ini telah mulai banyak dipublikasikan pada awal 1970-an. Sejak itu, banyak pengobatan diabetes dibuat dengan memberikan makanan yang mengandung kadar lemak yang rendah.

Berbagai penelitian yang telah dibuat ternyata mendukung akan penemuan baru tersebut. Misalnya W.E. Conner telah membuat eksperimen untuk memberikan pengobatan penderita diabetes dengan memberikan makanan berkadar lemak rendah sejak tahun 1960-an, dan hasilnya selalu memberikan hasil positif. Beberapa penelitian juga telah dibuat untuk orang Papua New Gunea. Makanan dari bangsa tersebut ternyata terdiri dari tiga persen lemak, 94 persen karbohidrat, dan tiga persen protein. Dalam penelitian ini didapatkan bahwa tidak seorangpun dari mereka yang memiliki penyakit diabetes. Ada dugaan bahwa tidak adanya penderita diabetes sebab tidak adanya faktor keturunan untuk mendapatkan diabetes. Tetapi penelitian terhadap suku Bantu di Kenya menyangkal pendapat tersebut. Sebab orang Bantu yang tidak memiliki penyakit diabetes, bila mengubah makanan mereka menjadi makanan barat yang berlemak, maka kadar gula dan lemak dalam darah merekapun naik. Dengan demikian, mengubah kebiasaan makan dengan menghindarkan lemak adalah cara tebaik untuk menyembuhkan penyakit diabetes.

Demikianlah artikel yang kami share kali ini mengenai Pemicu Penyakit Kencing Manis Atau Diabetes, terima kasih buat kalian yang telah meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini. Semoga artikel kali ini dapat membantu kalian untuk memperdalam ilmu kalian di dunia kesehatan tepatnya mengenai penyakit diabetes ini.

Sumber: Penyebab Penyakit Diabetes

0 comments:

Post a Comment